Raden Haji Oma Antara Musisi, Mubalig dan Politisi

Media Online CNN Indonesia
2018-10-07


Jakarta, CNN Indonesia Amerika Serikat boleh bangga memiliki Michael Jakcson yang dijuluki King of Pop. Tapi Indonesia juga bisa berbangga karena memiliki Rhoma Irama yang dijuluki Raja Dangdut.

Sang Raja Dangdut akan memuaskan dahaga penggemarnya pada malam ini, Sabtu (6/10), melalui sebuah konser di hari kedua Synchronize Fest 2018.

Predikat Raja Dangdut yang disematkan pada pria kelahiran Tasikmalaya ini rasanya tidak berlebihan. Mengingat, ia berperan membuat suara musik dangdut terus terdengar sejak dekade \'60-an sampai saat ini.

Bahkan sampai rocker Benny Subardja mengatakan dangdut sebagai \'musik ti anjng\', Rhoma tetap setia pada dangdut.

Menengok ke belakang, Rhoma lahir dengan nama Oma Irama pada 11 Desember 1946. Kata Irama diberikan karena ibunda Oma melahirkannya sesusai ayahanda menonton grup sandiwara Irama Baru.

Entah kebetulan atau tidak, nama Irama sangat tepat untuk Oma karena berproferi sebagai musisi, walau kini ia lebih sering tampil sebagai politisi.

Oma mulai efektif bersentuhan dengan musik pada era 1960-an dengan mendengarkan musik rock dan pop asal Amerika Serikat dan Inggris.

Sampai kemudian, ia menjadi vokalis band Gayhand dan Tornado dengan memainkan lagu musisi lain. Bisa dibilang era tersebut adalah masa jatuh bangun Oma sebelum menjadi raja.

https//www.youtube.com/watch?v=eNNlhjCVHz4

Dalam buku Dangdut Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia karya Andrew N. Weintraub, saat itu dua grup yang digawangi Oma tampil di pesta-pesta lingkungan orang kaya Jakarta. Di sisi lain, Oma juga tampil bersama grup orkes musik Melayu di lingkungan yang lebih miskin.

Seiring berjalannya waktu, Oma hengkang dari Gayhan dan Tornado dengan gabung bersama Orkes Melayu Chandraleka.

Orkes yang dipimpin Umar Alatas itu mempertemukan dirinya dengan Elvy Sukaesih yang kini dikenal sebagai Ratu Dangdut. Orkes ini juga menjadi jalan Oma membentuk band dangdut bernama Soneta pada 1970.

Kala masih menjalani masa awal berdangdut, Oma menunaikan ibadah haji pada 1975. Sepulangnya dari Tanah Suci, ia menambahkan huruf \'Rh\' yang berarti Raden Haji depan kata \'Oma\' sehingga dibaca Rhoma.

Sejak itulah musisi yang kini berusia 71 tahun dipanggil Rhoma, bukan Oma.

Karier musiknya dengan Soneta sangat sukses dengan memiliki penggemar sebanyak 15 juta pada tahun itu. Bahkan mereka total mendapatkan 11 Golden Record berkat penjualan kaset-kaset berbagai album yang terdapat lagu hits.

Sampai saat ini lagu Begadang, Darah Muda, Gali Lobang Tutup Lobang dan Judi masih terdengar lewat berbagai platform.

Bukan sekadar bermusik, pada 1973 Rhoma mendeklarasikan Soneta sebagai The Voice of Muslims. Ia ingin musik bukan hanya berfungsi sebagai medium hiburan, tapi juga sebagai medium informasi, edukasi dan dakwah.

Hal ini membuat irisan antara musik dengan dakwahnya sangat lekat dan susah dibedakan.

https//www.youtube.com/watch?v=qv7Lozp-Wpk

"Gagasan saya untuk membuat lagu-lagu dakwah pada saat itu rupanya merupakan hal yang aneh, terutama pagi para produser recording. Mereka menolak untuk merekam lagu-lagu dakwah, dengan alasan bahwa lagu-lagu dakwah tidak akan lagu di pasaran," kata Rhoma dikutip dari buku Dangdut Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia.

Rhoma mengaku mengerti pendapat produser rekaman karena bertujuan mencari keuntungan lewat bisnis musik dan untuk bisa didapat dengan lagu komersil yang mudah dijual.

Akhirnya, Rhoma membuat lagu dakwah yag mempunyai sisi komersil dan menarik masyarakat. Toh dengan begitu dakwah akan tetap sampai ke masyarakat.

Sejak itu lahirlah lagu-lagu seperti Perjuangan dan Doa, Terserah Kita, Kabar dan Dosa, Musafir dan Haram. Lewat sederet lagu itu Rhoma mengumandangkan hidup yang harus selalu diiringi doa, jangan melakukan dosa, dan jangan berbuat sesuatu yang tergolong haram.

Posisinya sebagai pendakwah semakin sahih ketika Rhoma serius menjadi mubalig pada era 1980-an. Ia ceramah dengan menyampaikan nasihat, ajaran dan perintah agama. Ia memperkuat ceramah dengan ayat-ayat kitab suci Al-Quran.

Seperti tak puas memiliki dua profesi, Rhoma juga menjajaki karier sebagai politisi. Pada tahun 1977 sampai 1982 ia menjadi juru kampanye Partai Persatuan Pembangunan.

Kembali mengutip Dangdut Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia, ia mengaitkan Islam, politik dan musik saat tampil di atas panggung.

Saat tampil pada konser kampanye PPP, Rhoma membawakan lagu Begadang. Lirik yang seharusnya berbunyi \'begadang jangan bedagang, kalau tiada artinya\' diganti menjadi \'menusuk boleh menusuk, asal yang ada artinya\'. Lirik berikutnya turut diganti hingga berbunyi \'menusuk boleh menusuk, asal Ka\'bah yang ditusuk\'.

https//www.youtube.com/watch?v=qF7bEiqBxT8

Langkah kaki Rhoma di belantara politik secara tidak langsung terhambat pada reszim Soeharto yang anti-kritik.

Lagu Rhoma yang bermuatan kritik sosial seperti lagu Hak Azasi, Rupiah dan Udang di Balik Batu seperti diharamkan pemerintah. Alhasil, ia dilarang tampil di Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai lembaga milik pemerintah.

Petengahan dekade \'80-an, Rhoma pindah ke Partai Golongan Karya, yang saat itu dinahkodai Soeharto, agar tidak dilarang. Ia seperti menjadi penarik suara bagi partai berlambang beringin itu.

Pada 2015, Rhoma mendirikan partai Islam Damai Aman yang disingkat menjadi Partai Idaman.

Sayang, Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan uji materiil Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang verifikasi partai politik yang diajukan Partai Idaman. Dengan begitu, Partai Idaman dipastikan tak bisa maju dalam pemilihan umum 2019.

Rhoma mencari celah agar tetap bisa berpacu di Pemilihan Umum 2019 dengan bergabung bersama Partai Amanat Nasional (PAN). Kader dan pengurus Partai Idaman akan mendaftarkan diri sebagai calon legislatif dari PAN, untuk tingkat DPR RI dan DPRD provinsi, kabupaten/kota.

Itulah Rhoma Irama Raja Dangdut. Ia memang musisi, tapi juga mubalig dan politisi. Dan bahkan, ia juga merupakan seorang aktor berkualitas. Di usianya yang senior, ia akan tampil di hadapan penonton muda Syncronize Festival 2018, malam ini.

https//www.youtube.com/watch?v=8W7uH9uGjA

(adp/end)

http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20181007062829-227-336257/raden-haji-oma-antara-musisi-mubalig-dan-politisi




Original Post

Tuduhan Eni Saragih ke Elite Golkar Terlibat Kasus PLTU Riau-1 Dianggap Tanpa Bukti

Media Online Okezone
2018-10-07


JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih bersama pengacaranya Fadli Nasution dianggap melakukan kebohongan publik. Pasalnya, mereka menuduh sejumlah pihak seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR Melkias Marcus Mekeng terlibat dalam kasus PLTU Riau-1.

Padahal faktanya, dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK di persidangan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terhadap terdakwa Johanes Kotjo, hanya Setya Novanto, Idrus Mahram, Eni Maulani Saragih dan Sjofian Basir yang disebut dalam dakwaan. Nama-nama lain seperti Airlangga Hartarto (AH) dan Melkias Marcus Mekeng sama sekali tidak disebut.

"Itu sebuah pembohongan. Menuduh orang tanpa bukti," kata Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Salestinus di Jakarta, Sabtu 6 Oktober 2018.

(Baca juga: )

Menurut Petrus, Airlangga dan Mekeng adalah korban fitnah Eni dan pengacaranya. Bahkan, Petrus menganggap keduanya bisa dituntut karena melakukan pencemaran nama baik. "Setiap kata yang diucapkan itu harus berdasarkan bukti, entah oleh siapapun termasuk pengacara Eni Maulani Saragih, yakni saudara Fadli Nasution. Tidak ada yang kebal hukum di negara ini," jelas Petrus.

Dia menegaskan setelah mencermati kata demi kata, kalimat demi kalimat dan fakta-fakta persidangan yang diuaraikan oleh jaksa KPK dalam dakwaan untuk terdakwa Johanes Kotjo, terlihat jelas pihak-pihak yang berperan dalam korupsi PLTU yaitu Johanes Kotjo, Setya Novanto, Idrus Mahram, Eni Maulani Saragih dan Sjofian Basir.

"Ini adalah surat dakwaan jaksa KPK yang sudah dibacakan dan sudah susun dengan sangat cermat dan obyektif. Maka harus ada pernyataan secara terbuka berupa permintaan maaf dan mencabut segala pernyataan yang menuduh Airlangga dan Mekeng sebagai ikut tersangkut perkara korupsi PLTU," tuturnya.

(qlh)

https://news.okezone.com/read/2018/10/07/337/1960608/tuduhan-eni-saragih-ke-elite-golkar-terlibat-kasus-pltu-riau-1-dianggap-tanpa-bukti




Original Post

KBN Vs KCN, Menhub Dorong Rekonsiliasi

Media Online JPNN.COM
2018-10-07


jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong adanya rekonsiliasi untuk penyelesaian sengketa terkait perjanjian kerja sama antara PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dan PT Karya Citra Nusantara (KCN) dalam pengembangan serta pembangunan Pelabuhan Marunda.

Meski putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara pada 9 Agustus lalu belum inkrah, namun Kementerian Perhubungan dalam hal ini Otoritas Pelabuhan Marunda terseret sebagai tergugat.

Putusan PN Jakut telah memenangkan gugatan KBN atas klaim kepemilikkan seluruh aset KCN yang merupakan usaha patungan perseroan dengan PT Karya Tekhnik Utama (KTU). Pengadilan juga memutus pembatalan konsesi, dan menyeret Kemenhub bersama KCN.

Terkait hal itu, Budi menyatakan kementerian tetap mengikuti alur hukum yang berlaku. Saat ini, Kemenhub juga tengah mengajukan banding atas putusan PN Jakut.

"Pada intinya, kami selaku pemerintah tetap menjamin investor swasta yang telah bekerjasama," kata Budi.

Menurutnya, proses bisnis tetap harus berjalan. "Just in case ada dispute, kami menjamin swasta tidak dirugikan," tambahnya.

Budi mengajukan langkah damai bagi pihak bersengketa. "Kami mendorong adanya rekonsiliasi, agar swasta tidak rugi, dan pemerintah legitimate," tukasnya.

Sengketa antara KBN versus KCN bermula terkait porsi kepemilikkan saham PT KCN yang merupakan perusahaan patungan antara KBN dan KTU, di mana KTU sebagai mitra swasta telah memenangi tender KBN atas pengembangan Kawasan C01 Marunda pada 2004 lewat tender yang dilakukan perusahaan pelat merah tersebut.

https://www.jpnn.com/news/kbn-vs-kcn-menhub-dorong-rekonsiliasi




Original Post

KPK Diminta Tak Ragu Jerat Novanto Kasus Korupsi PLTU Riau-1

Media Online Metro TV News
2018-10-07


Jakarta: Dalam sidang dakwaan tersangka kasus korupsi PLTU Riau-1 Johanes Budisutrsno Kotco dibeberkan peran sentral mantan Ketua DPR Setya Novanto dalam mengatur proyek senilai USD900 juta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta tak ragu menjerat Novanto.

"KPK tidak ragu-ragu lagi menjerat Setya Novanto dengan hukuman yang maksimum. Novanto dinilai sebagai pemeran kunci dan tahu berapa jumlah uang suap yang diterima dari Johanes Kotjo," kata Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI)Petrus Salestinus di Jakarta, Sabtu 6 Oktober 2018.



Ia menilai, mantan Ketua DPR itu telah menyalahgunakan kewenangannya untuk mengatur proyek dengan sejumlah imbalan. Dengan memerintahkan bawahannya saat itu sesama Fraksi Golkar Enny Saragih agar memuluskan langkah Johanes menggarap proyek itu.

"Novanto telah menjadikan DPR sebagai korporasi untuk menggasak uang negara, memeras pengusaha dan pejabat negara yang berurusan dengan DPR," tegasnya.

Di sisi lain, ia menilai mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih bersama pengacaranya Fadli Nasution melakukan pencemaran nama baik. Dalam beberapa kali kesempatan ia menyebut keterlibatan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto terlibat dalam kasus ini.

"Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK terhadap terdakwa Johanes Kotjo, hanya Setya Novanto, Idrus Mahram, Eni Maulani Saragih dan Sjofian Basir yang disebut," ujarnya.

Eni Maulani Saragih dan pengacaranya Fadli Nasution diharapkan meminta maaf telah menyeret nama di luar dakwaan jaksa.



"Ini adalah surat dakwaan jaksa KPK yang sudah dibacakan dan sudah susun dengan sangat cermat dan obyektif. Maka harus ada pernyataan secara terbuka berupa permintaan maaf dan mencabut segala pernyataan yang menuduh Airlangga Hartarto," pungkasnya.

Johanes Kotjo didakwa dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 13 Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. Atas dakwaan ini, Kotjo tidak akan mengajukan eksepsi. (LDS)

http://news.metrotvnews.com/hukum/ybDzv4AK-kpk-diminta-tak-ragu-jerat-novanto-kasus-korupsi-pltu-riau-1




Original Post

Istri Dan Anak Dampingi Kavanaugh Dilantik Jadi Hakim Agung

Media Online Rakyat Merdeka Online
2018-10-07


RMOL. Usai sudah pertempuran politik di Amerika Serikat yang memanas selama tiga pekan terakhir terkait kontroversi pencalonan Brett Kavanaugh sebagai hakim agung.Mantan penasehat George W Bush ini dituduh melakukan kekerasan seksual saat masih remaja terhadap seorang wanita.

Namun akhirnya, Kavanaugh mendapat suara yang cukup untuk dilantik sebagai hakim agung.

Pemungutan suara yang dilakukan Senat AS menghasilkan angka 50:48 untuk kemenangan Kavanaugh.

Seorang senator Partai Republik membelot yaitu Lisa Murkowski yang menolak mendukung Kavanaugh dalam pemungutan suara.

Didampingi istri dan anak-anaknya, pada Sabtu petang (6/10) waktu setempat, Kavanaugh dilantik sebagai hakim agung dan diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung, John Roberts dan Anthony M. Kennedy. [wid]

https://dunia.rmol.co/read/2018/10/07/360808/Istri-Dan-Anak-Dampingi-Kavanaugh-Dilantik-Jadi-Hakim-Agung-




Original Post

Brett Kavanaugh Akhirnya Dilantik Jadi Hakim Agung

Media Online Rakyat Merdeka Online
2018-10-07


RMOL. Setelah mendapat kecaman dan gelombang protes sejak beberapa minggu terakhir, akhirnya calon Hakim Agung Brett Kavanaugh dikonfirmasi Senat Amerika Serikat.Hasil pemungutan suara dari Senat pada hari Sabtu sore (6/10) di Capitoll Hill, Washington DC, AS secara lengkap adalah 50:48.

Kecaman terhadap Kavanaugh menyeruak karena dugaan terlibat kasus kekerasan seksual.

Satu-satunya Senator dari Partai Republik yang membelot adalah Lisa Murkowski dari Negara Bagian Alaska.

Murkowski memberikan suara NO saat pemungutan suara.

Pembelotan Senator Murkowski tidak menghalangi kemenangan Partai Republik dalam pertarungan melawan Partai Demokrat dalam hal pencalonan Kavanaugh sebagai Hakim Agung.

Sesudah menang di Senat, Kavanauhg langsung dilantik di Gedung Mahkamah Agung secara tertutup.

Presiden Donald Trump dan seluruh anggota Partai Republik di Senat bergembira atas kemenangan mereka meloloskan Brett Kavanaugh menjadi Hakim Agung ke 114. [dem]

https://dunia.rmol.co/read/2018/10/07/360806/Brett-Kavanaugh-Akhirnya-Dilantik-Jadi-Hakim-Agung-




Original Post

Digital Footprint Para Penebar Hoax

Media Cetak Jawa Pos Halaman 1
2018-10-7


Digital Footprint Para Penebar Hoax

Oleh RHENALD KASALI

Guru Besar Universitas Indonesia, Founder Rumah Perubahan

BEBERAPA waktu lalu, sejumlah eksekutif datang ke Rumah Perubahan, mereka berkeluh kesah tentang program strategis pemerintah yang sulit dijalankan. "Banyakyang mengganggu," ujarnya.

Kami lalu sama-sama membuka jejak-jejak digital "para pengganggu" tadi. Staf-staf saya yang masih sangat muda berhasil memetakan siapa saja geng pengganggu itu, kata-kata kuncinya, serta media-media yang mereka gunakan

Dan yang mengejutkan, ter-nyata ada orang dalam yang bermasalah yang terlibat.

Mempelajari motif dan pola penyebaran hoax di era ini sebenarnya tidak sulit-sulit amat. Saya masih ingat saat mengalami serangan orang-orang tertentu terkait penjelasan saya tentang disruption dan slwring economy.

Bukannya beradaptasi dengan perubahan, usahawan yang bisnisnya terganggu memilih untuk menyewa jasa para penebar hoax. Dan jangan lupa, mereka bekerja tidak sendirian. Ada yang mengorkestrasinya.

Social Score

Suatu siang di sebuah ruang kecil di Bursa Efek Indonesia (BEI), saya berbincang dengan direktur utama BEI periode yang lalu. Dia bertanya apakah saya pernah membeli saham. Stafnya kemudian mengetik nama di komputer, dan begitu diklik, langsung keluarlah cabang-cabangnya.

Terus terang saya agak takut juga membaca peta data saya. Tapi, alhamdulillah tak begitu punya banyak masalah. Lalu, iseng-iseng saya minta dimasukkan nama seorang politisi yang "berisik"

Lalu, muncul saham-saham yang dikuasai serta statement yang mereka ucapkan. Saya jadi mengerti mengapa mereka melakukan tekanan-tekanan pada pemerintah, mempersoalkan infrastruktur dan utang BUMN. Rupanya, ada saham di belakangnya.

Data-data itu saya kira juga bisa dihubungkan dengan putusan-putusan hukum di Mahkamah Agung atau laporan-laporan di kepolisian. Tentu juga bisa dihubungkan dengan data-data digital lainnya.

Ngeri memang. Di satu sisi,

digital footprint (jejak digital) bisa memberikan rasa aman di mana pelaku-pelaku kejahatan dan penebar hoax menjadi mudah ditangkap. Namun, di lain pihak, data-data dan kebiasaan-kebiasaan kita bisa juga disalahgunakan pihak lain.

Dulu, data perbankan hanya dimiliki bank itu. Tapi, kini disimpan ke dalam cloud, dan muncul open bank yang didasari oleh apps, APIs (application program interface), semua saling terhubung, dan bisa dianalisis dengan sistem big data.

Beberapa tahun lalu, teman saya, seorang CEO bank asing, menolak kredit seorang nasabah yang diperkenalkan seorang pejabat. Jumlah kreditnya besar sekali. Kawan saya hanya mengajukan satu pertanyaan, lalu ia permisi sebentar.

Permintaan orang itu ditolak. Tapi, orang itu kemudian mengajukan kredit ke salah satu bank nasional dan di-approve. Beberapa waktu kemudian, kami mendengar nasabah itu terlibat fraud dan lari ke luar negeri.

Sewaktu saya tanyakan kepada CEO bak asing tersebut, mengapa dulu dia menolak pengajuan kredit orang itu, rekan saya menjawab pendek, "Orang itu memang tidak bisa dipercaya."

Tahu dari mana? Credit score memang bukanlah hal yang baru bagi perbankan. Tapi, kini bank punya cara yang lebih jitu mempelajari jejak tapak digital calon-calon nasabahnya yang bermasalah.

Di Tiongkok, hari-hari ini masyarakat sedang mendiskusikan tentang social scoring yang bukan sekedar mencatat angka. Melainkan juga segala digital/oofprinf masyarakat. Data-data itu ditangkap melalui CCTV, websites, GPS, data keuangan, kesehatan, sam-

pai belanja, dan konsumsi yang kita lakukan.

Jadi, setiap digital/oofprinf pasti masuk ke score kita. Orang yang sering konsumsi alkohol, terlibat hukum, menyebarkan hoax, dan seterusnya akan punya akibat sendiri. Mereka yang social score- nya tinggi bisa mendapatkan banyak kemudahan, semisal diterima di perguruan tinggi atau mendapat seat untuk nonton. Sementara yang social score-nya rendah, sebaliknya.

Digital Footprint

Sewaktu seorang mantan pejabat kehilangan HP-nya di bandara, saya dengan cepat mengatakan, pasti ketemu. Tak perlu sampai 24 jam. Dan benar saja, malam harinya pengambil ponsel sudah ditemukan di Jakarta Timur.

Kok bisa? Harap Anda maklum di Bandara Soekarno-Hatta, hampir tak ada tempat yang tak terpantau sensor digital dan kamera CCTV. Dengan bantuan petugas aviation security Angkasa Pura (AP) II, polisi menjadi lebih mudah menelusuri jejak-jejak digital pelaku kejahatan.

Karena itu, ketika beberapa hari lalu hoax yang dibuat seorang public figure yang mengaku menjadi korban penganiayaan di Bandung beredar, sambil tersenyum saya berpikir ini tinggal tunggu waktu saja.

Siapa pelakunya dan kebenarannya pasti akan terungkap. Apalagi, orang yang mengaku korban adalah sosok yang dikenal publik. Dan, hampir semua rumah sakit dan tempat-tempat yang dikunjungi, semisal rumah sakit dan bandara, sudah dilengkapi digital camera.

Penulis di bidang teknologi data Priyanka Gupta, juga Seth Step-hens-Davidowitz penulis buku best seller Everybody Lies, menga-

takan bahwa dengan teknologi, kini sudah tak lagi sulit untuk membuka "kedok" kebohongan.

Demikian pula politikus-politikus yang garang dan gemar merampok uang masyarakat, sekalipun menggunakan jubah kealiman tertentu, akan sangat mudah ditaklukkan ketika digital /oorprinr-nya disajikan kepada publik. Jejak itu, jangankan dilihat orang lain, ditonton diri sendiri saja belum tentu mereka mau.

Bukankah manusia selalu menyembunyikan perilaku-perila-ku aslinya yang memalukan? Mereka ingin terlihat sempurna sehingga mengalami social desirability bias.

Seth Stephens-Davidowitzyang menambang data di Google selama 4 tahun melabeli orang-orangyang bias itu sebagai pembohong. Aktor tertentu memang munafik, bahkan tentang kebohongannya sendiri.

Tetapi, mengapa zaman sekarang ini polisi menjadi begitu mudah mengetahui kebohongan-kebo-hongan itu? Jawabannya adalah karena manusia sendiri yang ceroboh dalam melakukan perbuatan-perbuatan yang tak pantas.

Celakanya, masyarakat senang menipu diri sendiri sepanjang mereka mendapatkan keuntungan atau kepuasan-kepuasan batin. Namun, di era ini, kemampuan berpikir kritislah yang akan menyelamatkan manusia dari perbuatan-perbuatan jahatnya dan kembali dalam nilai-nilai agama yang dianutnya.

Yaitu, nilai-nilai kebaikan, toleransi, pertolongan, dan kembali dalam ibadah-ibadah yang hakiki. Bukan yang dimanipulasi. Sepertinya, teknologi digital telah menghanyutkan nilai-nilai agama dan kebaikan ke dalam lembah ilusi tentang kehebatan diri masing-masing.

REDAKSI







Original Post

Dua Mantan Direksi DPS Dihukum Bayar 951 Ribu Dolar AS

Media Cetak Rakyat Merdeka Halaman 3
2018-10-7


Dua Mantan Direksi DPS Dihukum Bayar 951 Ribu Dolar AS

MAJELIS hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya menjatuhkan hukuman 4 tahun 3 bulan penjara pada dua mantan direksi PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS).

Kedua terdakwa mantan Direktur Administrasi dan Keuangan, Nana Suyarna Tahir dan mantan Direktur Produks, 1 Wayan Yoga Dju-naedy. terbukti melakukan korupsi proyek tangki pen-dam senilai Rp 179 miliar.

Menurut ketua majelis hakim 1 Wayan Sosiawan, perbuatan kedua terdakwa memenuhi unsur dakwaan subsidair Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 kesatu KUHP. "Masing-masing divonis empat tahun tiga bulan penjara dengan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan penjara," katanya.

Selain itu. keduanya diwajibkan membayar uang pengganti 951.294 dolar Amerika Serikat (AS). Uang sebesar itu senilai 24 persen dari 3563,725 dolar AS yang jadi total kerugian negara. Jika tak mampu membayar, mereka akan dikenai hukuman 1 tahun 6 bulan penjara.

Putusan hakim itu lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Muhammad Fadhil dan Katrin Sunita. yang meminta kedua terdakwa divonis 5 Jahun penjara.

Kuasa hukum terdakwa. Nyoman Yustisia menyatakan keberatan dengan putusan hakim. Menurut dia, hakim tak mengindahkan

bukti persidangan. "Pasal yang disangkakan itu tidak tepat," katanya.

Tapi, ia melanjutkan, akan mengonsultasikan keberatan itu dengan terdakwa dan keluarga. "Jadi kami memilih pikir-pikir dengan keputusan ini," ucapnya.

Jaksa penuntut umj juga menyatakan pikir-pikir atas putusan hakim. Kasus korupsi ini bermula saat PT DPS menandatangani kontrak dengan PT Berdikari Petro (Persero) untuk melakukan pembangunan tangki pen-dam di Muara Sabak, Jambi senilai Rp 179 miliar.

Dalam pelaksanaannya, PT DPS melakukan subkontrak pengerjaan proyek kepada perusahaan Singapura AE Marine, Pte. Ltd. Selanjutnya terjadi rekayasa progres fisik (bobot fiktif) pembangunan tangki pendam.

Selain itu, PT DPS juga mentransfer 3,9 juta dolar AS kepada AE Marine. Pte, Ltd. Tapi nyatanya dalam pelaksanaannya, tidak ada pekerjaan di lokasi.

Dana itu malah digunakan untuk membayar biaya pembuatan dua kapal tanker Pertamina, kepada Zhang Hong, Pte. Ltd. Padahal, biaya pembuatan kapal itu sudah ada anggaran sendiri.

Dua terdakwa lain dalam kasus ini mantan Direktur Utama Muhammad Firmansyah dan Direktur Pemasaran Muhammad Yahya, dijadwalkan menjalani sidang putusan pada pekan depan

byu







Original Post

Rugikan Rp 270 Juta, Mantan Sekwan Akui Kebagian Rp 3 Juta

Media Cetak Rakyat Merdeka Halaman 3
2018-10-7


Rugikan Rp 270 Juta, Mantan Sekwan Akui Kebagian Rp 3 Juta

TERDAKWA Musa dan Merry mengakui kesalahannya dalam pengadaan asuransi untuk anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bol-sel) yang merugikan negara Rp27Ojuta.

Pengakuan disampaikan keduanya saat menjalani sidang pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kotamobagu. Musa mengaku mendapat uang dari pengadaan itu.

"Yang saya terima Rp3 juta. Yang lainnya ada pada terdakwa Merry." kata mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) itu.

Merry tak membantah pengakuan Musa. Namun ia tidak mengingat lagi kepada siapa uang dari hasil pengadaan asuransi tahun 2012 itu dibagi-bagikan. "Tapi buku catatannya masih ada. Nanti saya bawa pada sidang pembelaan," ujarnya.

Musa dan Merry didakwa melakukan korupsi secara bersama-sama dalam pengadaan asuransi untuk anggota DPRD tahun 2012.

Pengadaan itu berlangsung Juni sampai Agustus 2012. Dana untuk pembayaran premi asuransi kesehatan 18 anggota DPRD sebesar Rp27O juta. Setiap anggota dewan Rp 15 juta. Dananya dari APBD

Tahun 2012.

Lantaran sudah pertengahan tahun dan atas desakan ketua dan anggota DPRD sehingga diadakan tender pengadaan asuransi. Berdasarkan keputusan bupati. Musa ditunjuk sebagai Pengguna Anggaran (PA).

Lelang dimenangkan CV Citra Lestari KSO (Kerja Sama Operasi) PT AXA Financial Indonesia. Merry bertindak mewakili AXA Finansial dalam pengadaan asuransi ini

Terdakwa kemudian mengajukan permohonan pembayaran premi asuransi kesehatan untuk 18 anggota DPRD. Musa menyetujui dan menandatangani SPM (Surat Perintah Membayar).

Pembayaran premi ditransfer rekening PT AXA Financial Indonesia di Bank BRI Molibagii. Padahal AXA Financial tak punya kantor perwakilan di Molibagu.

Pengadaan ini ternyata fiktif. Baru diketahui setelah seorang keluarga anggota DPRD menderita sakit. Ketika hendak mengajukan klaim atas biaya pengobatan ke AXA, temyata ditolak. Sebab tidak pernah pendaftaran asuransi untuk anggota DPRD.

Menurut jaksa penuntut umum,perbuatan kedua terdakwa menyebabkan anggaran pengadaan asuransi total lost.

byu







Original Post

Sudah 2 Tahun, Korban Ahok Mencari Keadilan

Media Cetak Rakyat Merdeka Halaman 11
2018-10-7


Sudah 2 Tahun, Korban Ahok Mencari Keadilan

Para korban gusuran yang tanah dan rumah-rumahnya diambil-alih Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di era Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) itu pun minta keadilan. Sudah dua tahun mereka terlunta-lunta.

JURUbicara Warga Korban Gusuran Cengkareng, Radius Robelson Sitanggang mengungkapkan, sudah dua tahun terakhir mereka berjuang agar memperoleh keadilan. Yakni hak mereka berupa ganti rugi yang layak.

"Sebetulnya, putusannya sudah inkraht di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Bahkan kasasi di Mahkamah Agung. Namun, kami ditipu, dipalsukan dan dicaplok oknum pengacara. Kami malah tak dapatkan apa-apa. Diambil semua hak kami," tu-

turnya, di Jakarta, kemarin.

Robelson menyebut, sebanyak 358 Kepala Keluarga yang menjadi korban gusuran itu kebingungan dan selalu di-ping-pong ketika menuntut haknya. Persoalan penggusuran di daerah Cengkareng, Jakarta Barat itu sendiri terjadi pada tahun 2003. Kemudian putusan inkraht-nya terjadi 2012. "Seharusnya dieksekusi putusan itu pada 2012," ucapnya.

Robelson Dia menuturkan, rumah dan tanah mereka sendiri tadinya diurus oleh ayah" kand-

ungnya. Dengan minta bantuan seorang advokat yang berkantor di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat.

Namun, sejak ayahnya meninggal pada tahun 2010, si oknum advokat tersebut malah mempermainkan para korban gusuran. "Dia sudah mengambil hak kami Rp 3,5 miliar dari Pengadilan Jakarta Barat," ungkapnya.

Robelson melanjutkan, sebagai anak langsung dari pelapor, dia menyadari, telah terjadi penggelapan dan pemalsuan data yang dilakukan oknum advokat tersebut. Dia yang tadinya tinggal dan bermukim bersama orang tuanya di Cengkareng, kini pindah ke daerah Karawang. Dua tahun ini, lanjutnya, dia

bersama ratusan warga korban gusuran terus berjuang memperoleh kembali hak mereka.

"Ini masalah penggelapan dan pemalsuan data yang dilakukan seorang oknum advokat. Yang mana tadinya si advokat ini menjadi pendamping hukum bagi Bapak saya. Dia bersama kroni-kroninya membuat surat kuasa palsu untuk menguasai eksekusi tanah kami semua di Cengkareng," tutur Robelson.

Padahal, lanjut dia, surat kuasa yang diteken almarhum bapaknya tidak seperti itu. "Bapak saya sudah meninggal, kok tiba-tiba ada surat kuasa eksekusi lagi ke dia. Mereka membuat surat kuasa palsu dengan membubuhkan tanda tangan bapak saya,"

tutur Robelson, seraya memastikan data-datanya masih valid dan disimpannya baik-baik.

Kini, lanjut dia. sebanyak 130 kepala keluarga korban gusuran, tidak mendapat haknya, masih sama-sama berjuang bersama. "Sebab yang lainnya, dari yang tadinya 358 KK, sebagian dimainkan oknum advokat. Ada yang mau terima ganti rugi sekenanya. Ada yang hanya dikasih Rp4juta per KK. Tadinya mereka tidak tahu sedang diperdaya. Setelah saya datang lagi, barulah mereka tahu," ungkap Robelson.

Dia berharap, aparat pene-. gak hukum menindak tegas oknum advokat itu, dan mengembalikan hak warga korban gusuran.

JON







Original Post

Mengenal Jerman di Istana Karlsruhe

Media Cetak Bisnis Indonesia Halaman 13
2018-10-7


Mengenal Jerman di Istana Karlsruhe

Siang itu, saat menjejakkan kaki di Kota Karlsruhe- terletak di Jerman selatan, tepatnya negara bagian Baden-Wurttemberg yang berbatasan langsung dengan negara Prancis dan Swiss saya begitu terperanjat. Karlsruhe, yang juga dikenal sebagai Kota Hukum di Jerman dan jarak dari Stuttgart, Ibu Kota Provinsi Baden-Wurttemberg, sekitar 80 km, terasa sepi.

Di depan Istana Karlsruhe (Karlsruher Schloss)- sebuah istana yang didirikan pada 1715 atas perintah Markgraf Karl III Wilhelm dari Baden-Durlach, setelah terjadinya sengketa dengan warga ibu kota negara yang sebelumnya, yaitu Durlachnyaris tidak ada orang. Hanya sepasang anak manusia yang berjemur di depan pintu masuk istana. Semenjak itu, kota Karlsruhe mengalami pertumbuhan yang pesat. Kini istana ini menjadi tempat berdirinya Badisches Landesmuseum Karlsruhe.

Seperti halnya kota besar lain di Jerman, Sabtu dan Minggu adalah hari "mati". Pusat-

pusat perbelanjaan pun demikian. Sebagian warga kota, biasanya, memilih di rumah, beribadah atau berlibur ke luar kota.

Namun, suasana itu, tidak mengurangi asyiknya kota Karlshnihe, yang merupakan kota kedudukan Mahkamah Agung dan Pengadilan Tertinggi Jerman. Oleh karena itu, Karlsruhe dikenal juga sebagai Kota Hukum di Jerman. Jarak Karlsruhe dari Stuttgart, ibu kota provinsi Baden-Wurttemberg, berkisar 80 km dan dari Mannheim sekitar 60 km.

Sejak dahulu, Karlsruhe terkenal sebagai daerah inovasi di Jerman. Banyak orang terkenal dan penemu besar tinggal di sini, misalnya Karl Benz pendiri perusahaan mobil Mercedes Benz, Heinrich Rudolf Hertz yang namanya sekarang diabadikan sebagai satuan frekuensi, dan lain sebagainya.

Selama Perang Dunia Kedua, seluruh kastil diberi cat kamuflase gelap untuk membuatnya sulit untuk direkam target dari udara. Pada September 1944, bagaimanapun, Istana Karlsruhe hancur total akibat serangan pemboman. Istana ini harus dibangun lagi pada 1946 dengan bahari baku berupa batu. Dibangun kembali - meskipun ada pertim-

bangan sementara untuk menghancurkan reruntuhan untuk pembuatan perumahan baru - dan memulihkan facade bersejarah. Selama rekonstruksi, kamar-kamamya dirancang sesuai dengan kondisi teknis museum terbaru.

Di bagian belakang istana ini, terbentang taman berumput yang luas. Dengan pepohonan yang besar dan rindang. Danau kecil, yang pada bagian sisi kiri kananya ditaruh kursi untuk dua orang, menjadi tempat angsa berenang dan mencari makan.

Di sisi lain, pada areal renimputan yang hijau, dilintasi kereta tua. Kita bisa menikmati istana sambil menghirup udara segar dan membayangkan seperti apa kehidupan saat istana itu masih berfungsi.

Taman istana-terletak di utara istana awalnya dibuat dalam gaya Barok Prancis, tetapi bahkan pada abad ke-18, Karl duke Karl Friedrich membiarkan membangun kembali bagian taman sebagai "taman lanskap" Inggris. Danau yang indah mengundang untuk berlama-lama di samping area hijau yang luas di sekitar istana, serta air mancur dan patung dari berbagai periode. Dari April hingga Desember, semua "Orang Suci"

mengoperasikan kereta api taman kastil di sirkuit sepanjang 2,5 km di taman yang terawat baik.

Istana ini tak hanya menghadirkan kemegahan sejarah Jerman pada masa lalu. Lebih dari itu, museum yang didirikan pada 1919, The Baden State Museum -di dalam area Istana Karlsruhe- menampilkan contoh-contoh pencapaian budaya dari setiap era umat manusia. Pengunjung dapat melihat karya-karya yang berasal dari sejarah awal serta budaya pra-Hellenic di Upper Rhine, belum lagi vas dan terracotta kuno, karya seni kuno, dan monumen batu Romawi.

Museum ini juga menawarkan patung . mulai dari Abad Pertengahan ke zaman modem, serta ukiran gading, kaca dicat, tekstil, perabotan, keramik, dan karya logam dan kaca. The Museum on Marktplatz menunjukkan karya-karya penting dari Art Nouveau, Art Deco, serta mode dan desain abad ke-20. Pameran The Baden State Museum adalah museum utama untuk sejarah budaya di negara bagian federal Baden-Wurttemberg, dan salah satu museum profil tertinggi di Jerman. Museum ini memiliki koleksi internasional yang signifikan yang mencerminkan seni dan warisan budaya zaman prasejarah dan kuno. Ditampilkan di beberapa museum, pameran ini tersebar hingga abad ke-21.

Museum utama (Hauptmuseum) terletak di Karlsruhe Palace. Pameran utamanya meneliti perkembangan dari zaman prasejarah dan zaman dahulu hingga monarki absolut. Koleksi ini dilengkapi dengan serangkaian pameran khusus, seperti pameran di Timur atau Zaman Neolitik.

Museum ini melekat erat dengan filosofinya tentang "Fokus pada orang-orang" dengan desain koleksi yang jelas dan berkesan serta pameran sementara. Program bervariasi dari acara yang menyertainya dan persembahan pendidikan telah membuat the Baden State Museum menjadi atraksi populer sepanjang tahun.

Martin Sihombing







Original Post

Brett

Media Cetak Kompas Halaman 4
2018-10-7


Brett

Kavanaugh mengucapkan sumpah di hadapan Komite Kehakiman Senat Amerika Serikat, di Capitol Hill. Washington. 27 September 2018. Saat itu. ia memberikan keterangan dalam rangka pencalonannya sebagai hakim agung AS.

BKI TERS/POOL NEW







Original Post

Brett Kavanaugh Diperkirakan Lolos

Media Cetak Kompas Halaman 4
2018-10-7


Brett Kavanaugh Diperkirakan Lolos

WASHINGTON, SABTU - Peluang Brett Kavanaugh untuk disetujui oleh Senat Amerika Serikat sebagai hakim agung semakin membesar. Tuduhan terlibat pada kasus pelecehan seksual di masa muda tidak cukup untuk menghentikan pencalonan hakim konservatif itu.

Menguatnya peluang Kavanaugh menyusul dukungan salah satu senator Partai Demokrat, Joe Manchin. Sikap itu berbeda dengan partainya yang menentang Kavanaugh.

Manchin menyatakan sudah mempelajari penyelidikan Biro Investigasi Federal AS (FBI) soal Kavanaugh. "Saya menemukan hakim Kavanaugh memenuhi syarat untuk menjadi ahli hukum yang akan mengikuti konstitusi dan menentukan kasus berdasarkan fakta hukum di hadapannya," tulisnya pada pernyataan yang dikirim ke Senat.

Ia mengirimkan pernyataan tertulis dan tidak terlihat di sesi debat untuk membahas pencalonan Kavanaugh. Jumat (5/10/2018). "Hati saya bersama mereka yang pernah mengalami kekerasan seksual." ujar senator yang tengah berusaha mempertahankan kursi senator Virginia Barat itu.

Kursi Virginia Barat akan di-pertahankannya dalam pemilu tengah periode (midterm election) pada November 2018 di daerah

pemilihan tempat Presiden AS Donald Trump unggul pada Pilpres 2016.

Dukungan kepada Kavanaugh juga disampaikan senator Partai Republik, Susan Collins.. Ia menyatakan, kesaksian Christine Blasey Ford, perempuan yang mengaku jadi korban penyerangan seksual oleh Kavanaugh semasa SMA, sangat menyakitkan. Akan tetapi. FBI tidak menemukan bukti penguat dari orang-orang yang disebut Ford mengetahui penyerangan itu.

"Kita akan menderita dalam jangka panjang jika mengabaikan asas praduga tidak bersalah dan keadilan. Kita harus selalu mengingat jika semangat lebih menggebu daripada keadilan, akan hadir kekacauan," tutur Collins.

Pernyataan kedua senator praktis memadamkan perdebatan panjang soal pencalonan Kavanaugh dalam sebulan terakhir. Perdebatan mencuat sejak hakim konservatif itu dicalonkan Trump untuk menggantikan Anthony Kennedy (81) yang mengundurkan diri sebagai hakim agung setelah bertugas selama 30 tahun.

Pemungutan suara

Kavanaugh memang harus melewati sesi pemungutan suara di Senat. Sabtu waktu setempat, sebelum mendapat persetujuan. Kini. 51 dari 100 kursi senat

diduduki Republik dan 49 kursi dikuasai Demokrat Dengan dukungan Machin, Demokrat hanya mempunyai 48 suara untuk menolak pencalonan Kavanaugh.

Sebaliknya, Republikan di atas angin. Dari 51 senator Republikan, hanya Lisa Murkowski yang menolak pencalonan Kavanaugh. Senator yang mewakili Alaska itu menyebut Ka\"anaugh orang baik. Akan tetapi, ia melihat Kavanaugh tidak pantas.

Ia menyatakan hakim agung adalah jabatan seumur hidup. "Mereka yang akan menduduki jabatan ini harus memenuhi standar tertinggi pada semua faktor, pada seluruh masa, dan itu sulit," ujar Murkowski.

Jika sisa senator Republikan bulat mendukung, Kavanaugh akan mendapat total 51 suara yang menyetujui pencalonannya. Hal itu dengan catatan 48 senator Demokrat yang tersisa akan bersuara bulat untuk menentang pencalonan Kavanaugh.

Bukan hanya kubu Demokrat yang menentangnya. Para aktivis anti-kekerasan seksual dan femi-nis juga menentang Kavanaugh. Namun, sang calon hakim agung membantah tuduhan pernah melakukan kekerasan seksual di masa muda

Sejumlah pihak khawatir Kavanaugh akan membuat sistem peradilan AS semakin konservatif.

(AP RAZ)







Original Post

Media